Perilaku Tercela yang Membuat Penyakit Hati - Desentralisasi Pendidikan Agama Islam Kelas X

on Selasa, 03 Mei 2011

Prilaku tercela yang saat ini kita bahas adalah Hasad, Riya, Aniaya, dan Diskriminasi.
Mari kita bahas 1 per 1. ^_^



   A.      HASAD
Hasad artinya merasa tidak senang jika orang lain mendapatkan kenikmatan dan berusaha agar kenikmatan tersebut cepat berakhir dan berpindah kepada dirinya, serta merasa senang kalau orang lain mendapat musibah.
    1.       Hasad yang terlarang
Adalah hasad terhadap kenikmatan yang dimiliki orang lain, sehingga menimbulkan kedengkian,
Dalam kehidupan sehari-hari hal ini sering terjadi sehingga dengan ketidaksenangan tersebut dapat mengakibatkan timbulnya perbuatan tercela yang  lainnya  misalnya : Timbul kebencian, permusuhan, mencelakakan orang lain, merampok, menghancurkan hak milik orang lain dll.
2.       Hasad yang diperbolehkan
Adalah hasad kepada orang lain dalam hal : jika seseorang diberi harta benda kemudian dibelanjakan dijalan Allah Swt, dan jika seseorang diberi ilmu oleh Allah kemudian diamalkannya.

3.       Penyebab pokok hasad adalah :
a.       Kalah bersaing dalam merebut simpati orang atau dalam usaha.
b.      Sifat kikir yang berlebihan
c.       Cinta dunia dan sejenisnya.
d.      Merasa sakit jika orang lain memiliki kelebihan
e.      Tidak beriman kepada qadha dan qadar.
f.        Akibat dengki
Nabi Muhammad saw bersabda : ”Waspadalah terhadap hasad sesungguhnya hasad mengikis pahala sebagaimana api memakan kayu”
4.       Orang hasad telah menentang Allah SWT. dengan lima hal iaitu:
a.       Kerana ia membenci nikmat Allah SWT. terhadap orang lain.
b.      Dia tidak suka pembahagian Allah SWT. untuk dirinya seolah-olah ia berkata: “Mengapa Engkau membagi begini?”
c.        Ia bakhil terhadap kurniaan Allah SWT.
d.      Dia membantu kepada iblis laknatullah
5.       Cara menghindari hasad
a.       Menumbuhkan kesadaran bahwa permusuhan dan kemarahan akan membawa petaka dan kesengsaraan baik lahir maupun bathin.
b.      Saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran.
c.       Jadilah orang yang mempunyai pendirian tidak mudah di provokasi.
d.      Mengamalkan ajaran agama.

B.      RIYA’
Riya artinya memperlihatkan perbuatan (ibadah) kepada orang lain agar disanjung atau dipuji. Maksud lain adalah beribadah dengan niat karena ALLAH dan  karena ingin dilihat, disanjung atau dipuji manusia. Hakikat riya sebenarnya ada dalam hati, dan tidak selamanya ditunjukkan dalam perbuatan, karena ada orang yang menunjukkan perbuatannya dengan niat memberi contoh. Oleh karena itu hanya Allah-lah yang dapat menilai apakah perbuatan tersebut mengandung riya atau tidak ?
1.       Jenis Riya
-          Riya dalam niat
Riya ini muncul ketika mengawali suatu pekerjaan. Seseorang yang akan melakukan ibadah berkeinginan untuk mendapatkan pujian dan sanjungan manusia
-          Riya dalam perbuatan
Yaitu riya orang yang selalu memperlihatkan ketekunan beribadah bukan karena sedang member contoh atau bukan diwaktu saat orang banyak melakukannya.
2.       Bahaya Riya
Penyakit ini termasuk jenis penyakit yang sangat berbahaya karena bersifat lembut (samar-samar) tapi berdampak luar biasa.
“Kecelakaan bagi orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dari shalatnya, dan orang-orang yang berbuat riya’,”
Bahaya Riya’ bagi Amal Perbuatan  :
a.       Menyia nyiakan amal shalih, dari pengaruh baiknya dan tujuan luhurnya
b.      Riya’ adalah syirik khafi.
c.       Riya’ mewariskan kehinaan dan kekerdilan.
d.      Riya’ menghalangi pahala akhirat.
e.      Riya’ menambah kesesatan

3.       Cara menghindari riya’
Sudah diketahui bahwa bahaya riya sangatlah besar, dan kita sebagai umat muslim sudah selayaknya untuk menghindari perbuatan riya tersebut, diantaranya adalah dengan cara :
Mempersiapkan niat hanya karena Allah saja, tidak menampakkan ibadah kecuali untuk memberi contoh dan diwaktu orang banyak melakukannya.
BEBERAPA PERKARA YANG BUKAN TERMASUK RIYA’
1.       Seseorang yang beramal dengan ikhlas, namun mendapatkan pujian dari manusia tanpa ia kehendaki.
2.       Seseorang yang memperindah penampilan karena keindahan Islam.
3.       Beramal karena memberikan teladan bagi orang lain.
4.       Bukan termasuk riya’ pula bila ia semangat beramal ketika berada ditengah orang-orang yang lagi semangat beramal. (tak ke-gua)

C.      ANIAYA
Aniaya artinya dzolim yaitu meletakkan sesuatu bukan pada tempatnya. Dengan demikian orang lain diperlakukan secara tidak sesuai dengan semestinya.
1.       Perbuatan aniaya dapat dikelompokkan ke dalam 2 kelompok yaitu :
-          Aniaya pada diri sendiri, yaitu berlaku zalim kepada diri sendiri, misalnya tidak mengurus diri dengan baik, atau tidak melakukan perbuatan yang seharusnya diperbuat oleh diri sendiri.
-          Aniaya pada orang lain, yaitu berlaku zalim kepada orang lain baik dengan perkataan, perbuatan dll, baik terhadap manusia, binatang, maupun tetumbuhan.
2.       Cara menghindari aniaya
Dalam upaya menghindari perbuatan aniaya ini hendaknya kita memperhatikan hak-hak diri sendiri, hak orang lain, hak binatang, alam, dsb. Selain itu pula kita hendaknya takut kepada dosa, karena Allah swt telah melarang kita berbuat aniaya, atau berbuat kerusakan di muka bumi ini.

D.      DISKRIMINASI
Diskriminasi artinya memandang sesuatu tidak secara adil dan memperlakukannya pula secara pilih kasih.Agar kita terhindar dari perbuatan diskriminasi ini perlu sekali memahami tentang hak-hak dan kewajiban seseorang. Jika kita mau melakukan diskriminasi, maka perhatikan dulu apakah dia memang berhak atau tidak, jika memang berhak, maka kita harus mengurungkan diri untuk berbuat diskriminasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Mengikuti Pembelajaran ini. Semoga Bermanfaat !